6 Macam Jenis Gigi Palsu (Permanen, Lepasan) dan Bahan yang Digunakan

Macam Jenis Gigi Palsu - Seperti namanya gigi palsu adalah gigi yang sengaja dibuat mirip seperti gigi asli, dan tujuannya adalah untuk menggantikan gigi asli yang telah rusak, baik karena gigi berlubang, gigi busuk, gigi patah atau pun karena faktor usia sehingga gigi pada tanggal (biasanya untuk usia lanjut gigi copot satu persatu).

Bentuk dan warna gigi palsu memang sangat mirip dengan gigi asli, itu sebabnya jika kita hanya melihat secara sekilas tampak seperti gigi asli. Salah satu tujuan pembuatan gigi palsu memang untuk melengkapi gigi asli yang sudah rusak. Seperti kita tahu bahwa gigi merupakan salah satu penunjang utama penampilan dan percaya diri seseorang. Namun bukan itu saja, peran gigi dalam memproses makanan juga tidak bisa kita abaikan. Gigi punya andil besar disitu.

Jika bicara tentang gigi palsu, secara garis besar gigi palsu dibedakan menjadi 2 jenis atau 2 macam, yaitu gigi palsu permanen dan gigi palsu lepasan. Gigi palsu permanen adalah gigi palsu yang dipasang permanen oleh dokter gigi, dan tidak bisa di pasang copot setiap hari oleh orangnya. Sedangkan Gigi Palsu Lepasan adalah gigi palsu yang lebih fleksibel, karena bisa di pasang atau dilepas sewaktu-waktu sesuai keinginan orangnya. Untuk mengetahui lebih rinci,apa saja jenis dan macam gigi palsu permanen, dan gigi palsu lepasan kita simak urainnya dibawah ini:


Macam Jenis Gigi Palsu (Permanen, Lepasan) dan Bahan yang Digunakan Untuk Membuatnya

6 Macam Jenis Gigi Palsu (Permanen, Lepasan) dan Bahan yang Digunakan

Gigi Palsu Permanen: Gigi palsu permanen dibagi menjadi 3 macam atau tiga jenis gigi yaitu implant, crown dan yang ke 3 adalah bridge. Nah untuk mengetahui secara rinci seperti apa gigi implant, gigi palsu crown, dan gigi palsu bridge  yuk lihat penjelasannya dibawah ini.

1. Gigi Palsu Permanen Implant

Dental implant atau gigi implant adalah gigi tiruan (gigi palsu) yang penerapannya dengan cara di tanam pada gusi. dan sifatnya permanen. Gigi implant umumnya berdiri sendiri, dan tidak membutuhkan gigi lain untuk menyangganya.

Gigi implant memiliki 2 bagian penting, bagian pertama adalah implant yang dibenamkan (ditanam) pada gusi, yang memiliki fungsi menggantikan (sebagai) akar buatan. Sementara itu bagian yang kedua adalah crown + abutment, kedua bagian ini memiliki peranan sebagai struktur mahkota gigi. Untuk memudahkan Anda, silahkan perhatikan gambar komponen implant di bawah ini.

6 Macam Jenis Gigi Palsu (Permanen, Lepasan) dan Bahan yang Digunakan
Bagian atau Komponen Gigi Palsu Permanent Implant ; Bagian 1 Implant, Bagian 2 Crown dan Abutment

Metode Pemasangan Gigi Palsu Permanen Implant
Melihat dari bentuknya sobat pembaca caraobatisakitgigi.blogspot.com tentu sudah tahu bagaimana cara pemasangan implant bukan?, dan diatas juga sudah dijelaskan bahwa implant dipasang dengan cara di tanam kedalam gusi.

Pada pemasangan pertama biasanya dokter gigi akan menanam implant kedalam gusi, penerapannya dibutuhkan bius lokal. Dan pada saat usia tanam implant sudah mencapai 45 hari sampai 90 hari, baru bagian yang kedua (crown) akan dipasang. Tujuan pemberian jeda waktu yang cukup lama (45 - 95 hari) adalah supaya implant pertama menyatu dengan gusi terlebih dahulu, karena nantinya akan di jadikan akar gigi buatan.

Pada beberapa kasus gigi copot bagian depan, biasanya dokter gigi akan memasang gigi palsu sementara(bisa dicopot dengan mudah) untuk menutupi implant yang sedang ditanam, supaya tidak terlihat bolong (ompong), gigi sementara itu akan di gantikan crown (mahkota gigi), setelah implant cukup kuat.
6 Macam Jenis Gigi Palsu (Permanen, Lepasan) dan Bahan yang Digunakan
Illustrasi Gambar Pemasangan Gigi Palsu Permanen Implant, Terlihat Implant di Tanam Pada Gusi

Harga atau biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan gigi palsu permanen implant bisa dibilang paling mahal dibanding gigi palsu lainnya. Disamping proses pengerjaannya yang cukup lama, bahan-bahan yang digunakan pun relatif lebih mahal. Namun bila melihat hasilnya, tentu harga segitu setara dengan kualitasnya, karena gigi implant permanen sangat mirip sekali dengan gigi asli. Satu hal yang perlu di perhatikan ketika menggunakan gigi implant adalah harus rajin-rajin menjaga kebersihan gigi dan seputar mulut,

2. Gigi Palsu Permanen Crown / Mahkota Tiruan

Bisa dibilang gigi palsu permanen yang satu ini fungsinya hanya untuk menutupi gigi asli yang masih ada, biasanya gigi asli tersebut sudah rusak, bisa karena berlubang (bolong), keropos, patah sebagaian, atau pun bentuk yang kurang sempurna lainnya. Struktur mahkota gigi asli yang rusak akan digantikan dengan crown.
6 Macam Jenis Gigi Palsu (Permanen, Lepasan) dan Bahan yang Digunakan

Cara Memasangan Gigi Palsu Permanen Crown.
Karena sifatnya menggantikan mahkota, maka pada gigi palsu crown tidak di tanam kedalam gusi seperti gigi implant, jadi akar gigi asli masih tetap ada. Pemasangan crown tidak ada proses cabut gigi terlebih dahulu. Namun biasanya dokter gigi akan memastikan terlebih dahulu apakah akar gigi asli yang tersisa masih cukup kuat untuk dipasangi crown.

Pada beberapa kasus, akar gigi yang masih tersisa akan di lihat terlebih dahulu, dan untuk mempermudah, kami akan memberikan contoh berupa gambar, gigi atau akar gigi yang masih bisa di pasangi crown.
6 Macam Jenis Gigi Palsu (Permanen, Lepasan) dan Bahan yang Digunakan
Illustrasi Gambar Gigi Pasien yang Masih Bisa Dipasang Crown, Terlihat Akar Gigi Masih Ada

Untuk mengetahui apakah gigi Anda masih bisa di pasangi crown atau tidak, saran kami konsultasikan dengan dokter gigi Anda. Nah biasanya sebelum pemasangan crown, tim medis akan memberlakukan prosedur root canal treatment (perawatan syaraf gigi) terlebih dahulu, kemudian pemasangan pasak, baru dilanjutkan dengan pemasangan crown.
6 Macam Jenis Gigi Palsu (Permanen, Lepasan) dan Bahan yang Digunakan
Illustrasi Gambar Gigi yang Sudah Dipasang Crown

Perhatikan gambar di atas, itu adalah hasil gambar setelah dilakukan pemasangan crown, tampak bagian gigi yang ompong sudah tergantikan dengan crown, dan terlihat seperti gigi asli ya?

Umumnya pemasangan crown butuh waktu, biasanya bisa 2 sampai 3 kali kunjungan ke dokter gigi, seperti dikatakan diatas, ada proses analisa akar gigi terlebih dahulu, dan pemasangan pasak supaya hasilnya maksimal.

Melihat dari contoh gigi diatas, bahwa jika akar gigi masih terlihat dan bisa dipasangi crown, maka bila Anda merngalami gangguan gigi karena gigi bolong, atau keropos, saran kami jangan cepat-cepat untuk memutuskan mencabut gigi, karena mencabut gigi juga memiliki resiko, dan tentunya bisa juga di atasi dengan pemasangan crown. Disamping itu, bila sudah terlanjur di cabut dan ingin menutupinya, kita harus memasang gigi palsu inplant, dan pastinya harganya lebih mahal.


3. Gigi Palsu Permanen Bridge

Gigi palsu permanen yang berikutnya adalah bridge, Gigi tiruan permanen bridge biasanya digunakan untuk menggantikan gigi asli yang hilang lebih dari satu. Tidak seperti implant yang cara pemasanganya harus di tanam kedalam gusi, gigi tiruan permanen bridge disangga oleh gigi lain yang berada disebelahnya. Biasanya dokter gigi akan mengecilkan gigi terlebih dahulu dan kemudian dipasangi crown.
6 Macam Jenis Gigi Palsu (Permanen, Lepasan) dan Bahan yang Digunakan
Illustrasi Gambar Gigi Tiruan Permanen Bridge, Tampak Gigi Palsu di Pasang Untuk Menutupi Celah Gusi yang Telah Tanggal Giginya

Salah satu hal yang cukup menarik dari gigi tiruan permanen bridge adalah haganya yang cukup terjangkau. Selain itu pada prosedur pemasangannya juga relatif lebih mudah karena tidak dibutuhkan pembedahan seperti pada implan.

Namun selain memiliki kelebihan di harga, namun gigi bridge juga mempunyai sedikit kekurangan, yaitu pada saat pemasangan butuh gigi lain untuk menyangganya. Untuk pemasangan crown di gigi sebelahnya, biasanya dokter gigi harus mengecilkan gigi sebelahnya tersebut menjadi lebih kecil, baru di pasangi crown.
6 Macam Jenis Gigi Palsu (Permanen, Lepasan) dan Bahan yang Digunakan
Illustrasi Gambar Pemasangan Gigi Tiruan / Gigi Palsu Permanen Bridge

Lalu kira-kira gigi palsu bridge bisa bertahan berapa lama? mungkin ada diantara Anda para pembaca blog caraobatisakitgigi.blogspot.com yang bertanya demikian. Untuk keawetan bisa dibilang relatif, tergantung dari desain brige yang bagus dan juga faktor kebersihan mulut dan gigi yang terjaga, bila kebersihan mulut baik, gigi tiruan bridge bisa bertahan bertahun-tahun.

Apakah semua gigi asli yang rusak bisa dipasangi gigi tiruan bride? ternyata tidak semua gigi bisa di terapkan metode bridge. Contohnya, bila gigi yang hilang terlalu banyak, maka metode ini agak susah di terapkan, atau kondisi gigi disebelahnya yang sudah goyang.  Namun untuk mengatasi hal tersebut biasanya dokter akan menyarankan untuk pemasangan kombinasi, ya, kombinasi implan dan bridge, atau bisa juga menggunakan gigi tiruan yang bisa di lepas dan pasang. Untuk memastikan gigi palsu mana yang cocok untuk kondisi gigi Anda, sebaiknya tanyakan langsung kepada dokter gigi.

Gigi Palsu Lepasan: Sama seperti gigi palsu permanen yang terdiri dari 3 jenis atau tiga macam, gigi palsu lepasan juga memiliki tiga tipe yaitu, gigi palsu akrilik, gigi tiruan valplast dan gigi tiruan frame (biasa juga disebut kerangka logam). Penjelasan lengkapnya dibawah ini

4. Gigi Palsu Lepasan Akrilik

Dari segi harga, gigi tiruan lepasan yang satu ini adalah gigi palsu yang memiliki harga relatif murah. Dari segi bentuk, gigi palsu akrilik memiliki plat yang cukup tebal, selain itu terdapat kawat pengait (klam), yang berfungsi untuk mengaitkan akrilik dengan gigi lain disebelahnya.
6 Macam Jenis Gigi Palsu (Permanen, Lepasan) dan Bahan yang Digunakan
Illustrasi Gambar Gigi Palsu Lepasan Akrilik

Pada artikel sebelumnya kami juga sudah pernah membahas tentang metode pembuatan gigi palsu akrilik, tahukah Anda ternyata gigi palsu akrilik tidak dibuat oleh dokter gigi loh, penasaran ingin tahu siapa pembuat gigi palsu akrilik? silahkan baca artikel kami tentang Cara Membuat Gigi Palsu Akrilik.

5. Gigi Palsu Lepasan Valplast / Flexi Denture

Meskipun sama-sama gigi palsu lepasan (bisa di copot dan dipasang sewaktu-waktu), namun gigi palsu valplast (flexi denture) memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan akrilik. Dan pada valplast tidak menggunakan pengait (klam), jadi lebih nyaman saat di gunakan.
6 Macam Jenis Gigi Palsu (Permanen, Lepasan) dan Bahan yang Digunakan
Illustrasi Gigi Palsu Lepasan Valplast Gigi Ini Lebih Lentur dan Lebih Tipis Daripada Akrilik

Dari segi harga, untuk gigi tiruan varplast masih berada diatas harga gigi palsu akrilik, mengingat kenyamanan dalam pemakaiannya, gigi varlplast bisa di jadikan alternatif untuk mengatasi gigi ompong dengan harga yang terjangkau.

6. Gigi Palsu Lepasan Frame / Kerangka Logam

Sesuai namanya, gigi palsu lepasan yang satu ini menggunakan logam sebagai kerangkanya, gigi palsu frame adalah yang paling tipis diantara ketiga gigi palsu lepasan. Mungkin karena bahannya yang terbuat dari logam jadi plat bisa dibuat sedemikian tipis tapi tetap kuat untuk menyangga gigi. Jika dari segi kenyamanan, gigi lepasan kerangka logam cukup nyaman bila di gunakan karena sangat tipis.
6 Macam Jenis Gigi Palsu (Permanen, Lepasan) dan Bahan yang Digunakan
Illustrasi Gambar Gigi Palsu Lepasan Frame atau Kerangka Logam

Untuk pemasangannya, gigi frame atau kerangka logam hampir sama seperti gigi palsu akrilik karena menggunakan pengait atau kawat yang difungsikan untuk mencengkram (pegangan) dengan gigi asli yang masih kuat, sehingga tidak lepas ketika digunakan untuk mengunyah makanan atau pun saat berbicara.

Baca juga:
1. Harga / Biaya Tambal Gigi dan Cabut Gigi di Puskesmas dan Dokter Gigi
2. Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Manjur.
3. Tips Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan Alami.
4. Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mencabut Gigi.

Nah itulah 6 Macam Jenis Gigi Palsu (Permanen, Lepasan) dan Bahan yang Digunakan, dari 6 gigi palsu diatas tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi harga maupun kualitas dan cara pemasangannya. Silahkan Anda memilih sendiri, mana yang kira-kira cocok untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Macam Jenis Gigi Palsu (Permanen, Lepasan) dan Bahan yang Digunakan