6 Penyebab Gusi Bengkak dan 13 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

6 Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami - Pernah mengalami gusi bengkak? Tentu hal ini sangat tidak nyaman, karena makan menjadi kurang nyaman dan juga rasa sakit yang kadang menyiksa. Gusi yang bengkak memang bukan hal yang aneh, karena banyak orang yang mengalami penyakit mulut yang satu ini. Kondisi gusi yang bengkak jelas-jelas sangat mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Nah lalu bagaimana cara mengobati gusi bengkak? mungkin itu adalah pertanyaan yang sedang Anda cari jawabannya?  Jika memang demikian, silahkan melanjutkan membaca artikel caraobatisakitgigi.blogspot.com berikut ini. Karena memang kali ini kami akan mengupas tentang cara mengobati gusi bengkak.

Namun sebelum kita menginjak pada pembahasan cara mengatasi atau mengobati gusi bengkak, tidak ada salahnya jika kita tahu terlebih dahulu, apa saja penyebab gusi menjadi bengkak. Mungkin penyebab ini terjadi tanpa kita sadari dan kalau pun menyadari, namun terkadang kita mengabaikannya. Nah kira-kira apa saja yang dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak? Kita ulas yuk.
Bagaimana Cara Mengobati Gusi Bengkak dari Bahan Alami, ini lho 6 Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami, Anda bisa mencobanya. sakit gusi bengkak, gusi sakit karena bengkak, obat sakit gigi bengkak paling majur dari bahan alami dan tradisional dari sekitar kita, garam dapur , buah-buahan untuk gusi bengkak,
Illustrasi Gambar Wanita Mengalami Sakit Gusi Bengkak

6 Penyebab Gusi Bengkak


1. Kebersihan Wilayah Mulut
Menjaga kebersihan wilayah mulut memang diperlukan untuk mencegah terjadinya gusi bengkak, karena kondisi mulut yang kurang terjaga seperti sisa makanan di sela-sela gigi (setelah mengkonsumsi makanan) dapat menimbulkan datangnya bakteri yang bisa memicu timbulnya gusi bengkak.

2. Behel atau Kawat Gigi
Bagi pengguna behel tentu memiliki tujuan tersendiri saat memasang kawat di gigi mereka, namun bila tidak hati-hati dalam perawatannya, hal ini dapat juga memicu timbulnya bengkak pada gusi. Bisa juga karena pemasangan yang kurang pas (terlalu rapat) sehingga menekan pada bagian gusi yang menyebabkan gusi mengalami iritasi dan menjadi bengkak.

3. Konsumsi Makanan 
Peranan makanan yang kita konsumsi dapat juga mempengaruhi kondisi gusi kita, ambil contoh saja saat kita mengkonsumi makanan yang tidak sehat dalam jangka waktu yang cukup lama, atau konsumsi yang berlebihan juga dapat memicu munculnya gusi bengkak. Gula contohnya, kebiasaan mengkonsumsi gula yang berlebihan juga kurang baik. Alangkah lebih bijaksana perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Pastikan Anda mengkonsumi makanan yang sehat.

4. Vitamin yang Kurang
Kondisi kesehatan masing-masing orang berbeda-beda, namun secara garis besar peran vitamin C cukup besar bagi kesehatan gigi dan gusi. Kekurangan vitamin yang satu ini juga dapat memicu timbulnya penyakit sariawan maupun gusi bengkak.

5. Infeksi pada Gigi
Gigi yang sakit karena berlubang atau pun infeksi bakteri juga dapat menjadi salah satu penyebab gusi bengkak. Ketika seseorang mengalami sakit gigi syaraf-syaraf pada akar gigi atau gusi akan mengalami peradangan dan menyebabkan gusi menjadi bengkak.

6. Hamil
Apakah kehamilan dapat menyebabkan gusi bengkak? mungkin ada diantara Anda yang bertanya seperti itu, Pada masa kehamilan seorang ibu biasanya butuh banyak sekali asupan gizi, hal ini tentu saja untuk perkembangan janin. Terutama kandungan kalsium, nah bila kalsium kurang, maka ada kemungkinan akan memicu timbulnya penyakit gigi dan juga gusi menjadi bengkak.
Bagaimana Cara Mengobati Gusi Bengkak dari Bahan Alami, ini lho 6 Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami, Anda bisa mencobanya. sakit gusi bengkak, gusi sakit karena bengkak, obat sakit gigi bengkak paling majur dari bahan alami dan tradisional dari sekitar kita, garam dapur , buah-buahan untuk gusi bengkak,
Illustrasi Gambar Gusi Bengkak
Setelah mengetahui beberapa penyebab gusi bengkak, nah sekarang kita menginjak pada pembahasan utama, yaitu Cara mengobati gusi bengkak. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi sakit gusi yang bengkak, kami telah merangkumnya menjadi 13 cara, baik itu cara alami dan mudah mengobati gusi bengkak, maupun cara lain dengan menggunakan obat. Oke langsung kita kupas yuk:

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami


1. Ramuan Daun Krokot
Mungkin nama daun ini asing bagi sebagian orang, namun bagi orang Jawa nama daun krokot tentu sudah sangat familiar. Kalau Anda penasaran tentang daun ini, Anda bisa mencarinya di google. Ternyata daun krokot adalah bahan alami yang dapat kita gunakan untuk mengobati sakit gusi bengkak. Caranya pun cukup sederhana, silahkan Anda rebus daun krokot bersama 3 gelas air, biarkan mendidih dan ketika air kira-kira menjadi 1 gelas angkat dan saring. Tunggu hingga air menjadi hangat. Lalu silahkan di minum.

2. Garam Dapur
Benda dapur yang satu ini memang mempunyai banyak sekali manfaat, salah satunya adalah untuk meredakan sakit gigi dan gusi bengkak. Cara meramunya pun cukup sederhana, silahkan Anda ambil air panas kedalam gelas, campurkan 2 sendok makan garam dapur, lalu aduk hingga garam larut dalam air. tunggu beberapa saat hingga air menjadi hangat-hangat kuku. Lalu gunakan untuk berkumur. Ulangi beberapa kali.

3. Cukup Air Putih 
Air putih juga bisa kita gunakan untuk membantu menjaga kebersihan area mulut, untuk mengurangi bakteri, selain air ludah tentunya. Pastikan Anda cukup mengkonsumi air putih. Bila mengalami gusi bengkak juga bisa dengan menambahkan jumlah air putih yang di minum.

4. Minyak Cengkeh
Penggunaan minyak cengkeh sebagai media mengatasi gusi bengkak bisa Anda coba, caranya adalah dengan mengoleskan minyak cengkeh pada gusi yang mengalami bengkak, cara ini cukup efektif dan bisa dibilang cukup murah. Selain alami cara mengobati sakit gusi bengkak dengan minyak cengkeh juga banyak yang sudah membuktikannya berhasil.

5. Daun Bayam Duri
Daun bawang duri juga bisa menjadi alternatif obat alami untuk gusi bengkak, caranya pun terbilang simpel dan mudah. Anda cukup mengambil daun bayam duri dan bakar diatas api (bisa juga menggunakan lilin), setelah terlihat layu, silahkan tumbuk sampai lembut, pelan-pelan oleskan hasil tumbukan pada gusi yang bengkak.

6. Jeruk Nipis
Ambil jeruk nipis, belah menjadi dua bagian, lalu peras. Air perasan jeruk nipis tersebut silahkan Anda tambahkan dengan air hangat. Aduk hingga merata. Dan gunakan untuk berkumur. Lakukan beberapa kali, hingga rasa sakit berkurang dan gusi tidak bengkak lagi.

7. Bawang Merah
Bumbu dapur yang satu ini juga terkenal banyak khasiat, dan salah satunya adalah untuk mengobati gusi bengkak. Cara pengobatannya adalah dengan mengambil bawang merah dan tumbuk atau haluskan. Setelah itu silahkan Anda oleskan pada gusi yang bengkak. Mungkin rasanya kurang enak, mengingat bau bawang merah juga cukup menyengat, dan tidak semua orang menyukainya. Namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan bawang merah untuk mengobati sakit gusi bengkak.

8. Madu
Seperti kita tahu bahan alami yang satu ini memang terkenal karena manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengobati sakit gusi bengkak. Pastikan Anda menggunakan madu alami dan asli untuk mengobati gusi bengkak. Caranya pun sederhana, Anda cukup mengoleskan madu pada bagian gusi yang bengkak. Oleskan beberapa kali dalam sehari.
Bagaimana Cara Mengobati Gusi Bengkak dari Bahan Alami, ini lho 6 Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami, Anda bisa mencobanya. sakit gusi bengkak, gusi sakit karena bengkak, obat sakit gigi bengkak paling majur dari bahan alami dan tradisional dari sekitar kita, garam dapur , buah-buahan untuk gusi bengkak,
Illustrasi Gambar Madu Alami Untuk Mengobati Sakit Gusi Bengkak
9. Kulit Andong
Bahan alami berikutnya untuk mengobati gusi bengkak adalah kulit tanaman andong. Anda bisa mencari tahu apa itu kulit Andong di internet. Setelah mendapatkanya, silahkan cuci bersih kulit Andong, dan kunyah-kunyahlah kulit andong tersebut. Bila dirasa kurang enak, Anda juga dapat mencampurkan sedikit garam pada kulit Andong sebelum di kunyah-kunyah.

10. Pijat Gusi
Tidak hanya tubuh, ternyata pijat juga bisa dilakukan pada gusi yang sakit, cara ini mungkin terdengar aneh, namun tidak ada salahnya bila di coba. Cara pemijatannya adalah dengan mengambil gerakan melingkar berlawanan dengan arah jarum jam, menggunakan jari pada pipi dimana posisinya persis pada gusi yang mengalami sakit atau bengkak. Cara ini terbukti dapat mengurangi rasa sakit pada gusi yang bengkak.

11. Campuran Baking Soda + Air
Menggunakan baking soda atau hidrogen peroksida ditambah dengan air sebagai bahan obat kumur untuk mengobati sakit gigi bengkak juga bisa Anda coba. Caranya adalah ambil setengah gelas air dan campurkan hidrogen peroksida atau baking soda. Lalu gunakan untuk berkumur.

12. Buah Lemon
Menggunakan lemon untuk mengobati gusi bengkak bisa Anda coba juga. Silahkan siapkan buah lemon, ambil seperempatnya saja, dan peras hingga airnya terkumpul di gelas. Tambahkan setengah gelas air hangat. Aduk hingga air lemon terlarut, gunakan untuk berkumur. Pastikan air tidak dingin atau pun terlalu panas. Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit mereda dan gusi tidak lagi bengkak.

13. Kompres Air Hangat
Selain 12 cara mengobati sakit gigi bengkak diatas, tidak ada salahnya juga bila Anda mencoba cara yang satu ini. Cara ini terbukti dapat mengurangi rasa sakit pada gusi bengkak. Silahkan ambil air hangat, dan lap atau kain bersih. Celupkan kain bersih pada air hangat, lalu perlahan kompres pada pipi.

Baca juga:
8 Obat Sakit Gigi Berlubang dari Bahan Alami Ampuh dan Manjur 
8 Hal Penting Sebelum Cabut Gigi dan Sesudahnya

Demikian ulasan mengenai 6 Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami, cara-cara mengobati gusi bengkak di atas adalah cara yang bisa dibilang cukup mudah dalam pencarian bahan. Selain itu juga lebih hemat biaya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Penyebab Gusi Bengkak dan 13 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami