Perkiraan Biaya Cabut Gigi di Puskesmas, Tambal Gigi di Dokter Gigi dan Rumah Sakit

Biaya Cabut Gigi dan Tambal Gigi - Mungkin ada diantara Anda yang mengalami sakit gigi karena gigi berlubang, atau pun gigi yang sudah rusak (gigi keropos atau patah sebagian) dan ingin mencabut gigi atau menambalnya, dan kemudian mencari-cari di internet tentang berapa biaya yang dibutuhkan untuk tambal gigi atau cabut gigi di puskesmas, atau pun di dokter gigi serta di Rumah Sakit. dan tanpa sengaja menemukan blog caraobatisakitgigi.blogspot.com, maka tidak ada salahnya jika Anda melanjutkan membaca artikel ini, karena kesempatan kali ini kita akan berbagi informasi seputar perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk cabut gigi dan tambal gigi.

Sakit gigi memang hal yang lumrah dialami oleh setiap orang, penyebabnya juga bermacam-macam ada sakit gigi yang disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan hingga gigi menjadi berkerak dan banyak hal lainya lagi, untuk mengetahui apa saja penyebab sakit gigi, Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul 7 Penyebab Utama Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya.
Perkiraan Biaya Cabut Gigi di Puskesmas, Tambal Gigi di Dokter Gigi dan Rumah Sakit
Illustrasi Gambar  Wanita sedang ada di dokter Gigi Untuk Cabut Gigi 

Namun meskipun sudah sakit gigi, akan tetapi ada juga orang yang merasa enggan atau malas untuk mendatangi dokter gigi, dan biasanya lebih memilih untuk mengobati atau mengatasi sakit gigi dengan cara alami atau herbal. Umumnya mereka merasa risih atau tidak nyaman saat harus mendatangi dokter gigi atau rumah sakit dan bila Anda ingin tahu apa saja alasan mengapa orang merasa enggan ke dokter walau sakit gigi Anda bisa membaca artikel kami yang berjudul 7 Alasan Orang Malas Ke Dokter Gigi Meskipun Sakit Gigi.

Tidak sedikit orang yang hanya mau mendatangi dokter gigi atau pun ke puskesmas untuk memeriksakan gigi atau pun mencabut dan menambal gigi ketika sakit gigi sudah parah. Dan bila dalam kondisi seperti ini biasanya mereka harus terpaksa pergi ke puskesmas bila ingin sakit giginya sembuh. Seperti kita tahu bila kita mengalami gigi berlubang misalnya gigi geraham berlubang,  lalu saat makan, ada makanan yang tanpa sengaja masuk kedalam gigi geraham yang berlubang tersebut maka rasanya akan sangat sakit, dan bila tidak segera di tambal atau di cabut maka sakit tersebut akan berlangsung sepanjang waktu, sampai gigi tersebut habis dengan sendirinya. Nah bila Anda mengalami gigi berlubang, saran kami segeralah di tambal, bisa di puskesmas atau pun di dokter gigi.

Dari sekian banyak alasan orang malas pergi ke dokter gigi atau periksa gigi ke puskesmas salah satunya adalah faktor biaya, umumnya orang beranggapan bahwa untuk mencabut gigi atau pun menambal gigi dibutuhkan biaya yang mahal, terlebih bila kita menambal atau cabut gigi di dokter gigi. Nah kesempatan kali ini kita akan memberikan Perkiraan Biaya Cabut Gigi dan Tambal Gigi di Puskesmas, Dokter Gigi dan Rumah Sakit. Informasi ini kami ambil dari beberapa sumber, dan masih bersifat perkiraan. Namun setidaknya bisa memberikan gambaran kepada Anda sehingga bisa mempersiapkan biayanya.

Biaya Cabut Gigi di Puskesmas, Tambal Gigi di Dokter Gigi dan Rumah Sakit


Baik cabut gigi, atau pun tambal gigi umumnya dilakukan oleh dokter gigi, baik dokter gigi yang praktek dirumah, di klinik, puskesmas atau pun di rumah sakit. Untuk harga tambal gigi bervariasi, biasanya tergantung dari tingkat kesulitan dalam pengerjaannya, atau pun bahan yang digunakan untuk menambal. Sedangkan untuk biaya cabut gigi, biasanya ada kisaran harganya, tergantung dari alamat praktek (kalau di kota besar biasanya ada selisih harga dibanding ketika mencabut gigi di desa atau pun kota kecil). Nah bila Anda Bertanya Berapa Biaya Cabut Gigi di Puskesmas atau Dokter Gigi? yuk simak jawabannya dibawah ini.

1. Biaya Cabut Gigi dan Tambal Gigi di Puskesmas

Tentu Anda sudah tahu apa itu puskesmas, pusat kesehatan masyarakat, sesuai namanya di tempat ini menyediakan fasilitas kesehatan untuk masyarakat, dan biayanya juga bisa dibilang sangat murah, bahkan bisa gratis dengan syarat-syarat tertentu (biasanya berlaku untuk warga tidak mampu).

Ketika Anda hendak cabut gigi di puskesmas atau pun menambal gigi yang bolong, entah gigi geraham, gigi depan atau pun gigi yang lainnya, biasanya dokter gigi di puskesmas akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, lalu memberitahu tingkat kesulitan, bahan yang di butuhkan dan lama pengerjaannya, saat seperti ini, Anda bisa menanyakan langsung kepada dokter puskesmas, dan minta bahan yang bagus untuk menambal.

Biaya cabut gigi di puskesmas mulai dari Rp. 13.000,- sangat terjangkau sekali, terlebih bila melihat manfaat yang didapat,  gigi sakit karena rusak hingga harus di cabut, ketika sudah di cabut biasanya rasa sakit gigi akan hilang, dan sembuh, namun tidak ada salahnya Anda juga memperhatikan hal-hal penting sebelum dan sesudah mencabut gigi.
Perkiraan Biaya Cabut Gigi di Puskesmas, Tambal Gigi di Dokter Gigi dan Rumah Sakit
Illustrasi Gambar Dokter Gigi sedang Memeriksa Pasiennya

Sedangkan biaya untuk tambal gigi di puskesmas di patok mulai dari Rp. 15.000,- biasanya di lihat dari jenis bahan yang digunakan untuk menambal gigi, bila Anda menambal ada baiknya mintalah pada dokter gigi di puskesmas supaya memberikan bahan yang baik, supaya tambalan awet. Harga diatas adalah perkiraan harga cabut gigi dan tambal gigi di puskesmas di wilayah Jabodetabek. Untuk wilayah yang lain biasanya juga tidak terpaut jauh.


2. Biaya Cabut Gigi dan Tambal Gigi di Dokter Gigi 

Berbeda dengan cabut gigi di Puskesmas, biaya untuk cabut gigi di dokter gigi tentu memiliki harga yang lebih tinggi. Dokter gigi yang dimaksud disini adalah dokter gigi yang membuka tempat praktek sendiri, bisa di rumahnya, atau klinik gigi miliknya. Umumnya dokter gigi yang membuka praktek sendiri mematok harga tambal gigi atau pun cabut gigi sesuai tingkat kesulitan, dan bahan-bahan yang digunakan.

Biaya cabut gigi dan tambal gigi di dokter gigi berkisar antara Rp. 120.000,- hingga Rp. 450.000,- nah bila Anda mengujungi dokter dan ingin menambal atau mencabut gigi tidak ada salahnya konsultasikan terlebih dahulu, seberapa lama waktu pengerjaannya, dan bahan-bahan yang sesuai dengan budget Anda.

Biasanya untuk tambal gigi permanen harganya lebih tinggi dari tambal gigi biasa. Namun tidak semua gigi berlubang bisa langsung di pasang tambal gigi permanen, bila gigi sedang sakit, biasanya dokter gigi akan memberikan tambalan gigi sementara (untuk 1 minggu), lalu di hari yang ditentukan (seminggu kemudian), baru dilakukan penambalan gigi permanen.

Nah bila Anda mengalami sakit gigi dan hendak mencabut gigi ke dokter gigi, ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter gigi Anda, apakah gigi Anda harus benar-benar di cabut, atau bisa menggunakan cara lain untuk mengatasi sakit gigi Anda. Bila memang harus dicabut ada baiknya Anda memperhatikan Resiko dan Bahaya Mencabut Gigi, itu sebabnya kami sangat menyarankan Anda supaya mengkonsultasikannya ke ahlinya (dokter gigi).
Perkiraan Biaya Cabut Gigi di Puskesmas, Tambal Gigi di Dokter Gigi dan Rumah Sakit
Illustrasi Gambar Cabut Gigi di Rumah Sakit, Dokter Gigi bersama Perawat Memeriksa Pasien

3. Biaya Tambal Gigi dan Cabut Gigi di Rumah Sakit

Sakit gigi umumnya terjadi karena kondisi gigi yang rusak, bisa karena gigi berlubang, karena benturan dengan benda keras, karena kurangnya menjaga kebersihan gigi dan juga sebab-sebab lainnya. Selain pipi terlihat lebih tembem, biasanya pada bagian gusi bengkak juga, dan rasanya nyeri dan cenut-cenut.

Bila gigi sakit karena berlubang, langkah yang paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan menambalnya. Sedangkan pada gigi yang sudah rusak parah, dokter biasanya akan menyarankan untuk mencabutnya, Dan biaya yang dipatok oleh pihak Rumah sakit umumnya dimulai dari angka Rp. 100.000,- namun kembali lagi, harga ini tergantung dari bahan dan tingkat kesulitan dalam pengerjaannya. Tak hanya itu, beda rumah sakit juga beda harganya, tergantung tingkatan rumah sakitnya. Untuk rumah sakit di kota tentu berbeda dengan rumah sakit yang terletak di daerah.

Itulah Perkiraan Biaya Cabut Gigi di Puskesmas, Tambal Gigi di Dokter Gigi dan Rumah Sakit, semua harga yang tercantum diatas hanyalah perkiraan saja, bisa saja naik, atau lebih rendah. Untuk cabut gigi dan tambal gigi pada anak, kami sarankan supaya Anda menghubungi dokter gigi Anak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perkiraan Biaya Cabut Gigi di Puskesmas, Tambal Gigi di Dokter Gigi dan Rumah Sakit