15 Cara Gampang Menghilangkan Karang Gigi Berkerak dan Bandel

Cara Gampang Menghilangkan Karang Gigi - Kondisi gigi yang tertutup oleh plak atau karang gigi seringkali menyebabkan gigi menjadi tidak sehat dan juga bisa menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap. Hal ini tentu saja dapat mengganggu kita saat berbicara dengan orang lain. selain terlihat kurang enak di pandang, warna gigi juga bisa berubah menjadi kuning bahkan ada juga yang kehitaman. Jika hal ini berlangsung lama, maka tumpukan kotoran yang menghiasi gigi bisa berakibat pada kurang PD nya seseorang.

Mungkin saat ini Anda sedang mencari artikel yang berkenaan dengan cara membersihkan atau menghilangkan karang gigi dengan mudah dan gampang, dan kebetulan menemukan blog ini, maka tidak ada salahnya Anda melanjutkan membaca artikel ini, karena kesempatan kali ini blog caraobatisakitgigi.blogspot.com memang akan mengupas tentang tips atau cara menghilangkan karang gigi. Namun sebelum membahas tentang cara tersebut, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa sih karang gigi itu? dan kira-kira hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan timbulnya karang gigi?

Karang gigi adalah kotoran atau sisa makanan yang kita konsumsi yang tertinggal di sela-sela gigi dan gusi, karena sisa makanan tersebut bertumpuk dan jarang dibersihkan akhirnya mengeras dan menjadi karang gigi. Penyebab utama karang gigi adalah karena seseorang malas membersihkan gigi, misalnya seperti menggosok gigi setelah makan, dan juga gosok gigi sebelum tidur. Dari kebiasaan buruk jarang membersihkan gigi tersebut dapat memicu timbulnya karang gigi. Lalu bagaimana cara menghilangkan karang gigi? simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

Cara Gampang Menghilangkan Karang Gigi Cepat dan Alami

Cara menghilangkan atau membersihkan karang gigi mungkin ada banyak sekali, baik cara alami menghilangkan karang gigi maupun cara lain dengan menggunakan obat misalnya. Untuk lebih jelasnya kita ulas satu persatu yuk:
Tips dan Cara Paling Gampang menghilangkan atau membuang Karang Gigi, plak gigi, tartar gigi dengan 15 Cara Gampang Menghilangkan Karang Gigi Berkerak dan Bandel. Gigi karang, obat karang gigi, obat kumur karang gigi, obat alami karang gigi, bahan alam untuk mencegah karang gigi. cara paling mudah bersihkan karang gigi, tartar gigi
Illustrasi Gambar Wanita Sedang Membersihkan Karang Gigi 
1. Membersihkan Gigi Sesudah Makan + Sebelum Tidur
Menggosok gigi menggunakan sikat gigi untuk membersihkan sisa makanan di mulut dan yang menempel pada gigi adalah hal yang harus selalu di lakukan untuk menghilngkan karang gigi dan mencegah kotoran menempel pada gigi. Cara ini cukup mudah, hampir setiap orang bisa melakukannya. Menyikat gigi secara rutin, terutama setelah makan dan juga sebelum tidur secara baik selain bagus untuk kesehatan gigi dan mulut juga mencegah gigi menjadi keropos akibat bakteri dan kuman.

2. Pakai Pasta Gigi Khusus
Pasta gigi yang baik dipakai adalah yang mengandung bahan-bahan pembersih karang gigi, biasanya yang memiliki kandungan tartar control atau fluroid. Sebaiknya hindari pemakaian pasta gigi yang sudah expired (kadaluarsa) karena bisa merusak gigi. Anda bisa mencari pasta gigi khusus pembersih karang gigi di toko-toko terdekat.

3. Rajin Berkumur Sesudah Makan
Menggunakan air bersih untuk berkumur setelah selesai makan juga dapat meminimalisir tumbuhnya karang gigi, Atau Anda bisa menggunakan obat kumur khusus yang memang disarankan untuk menghilangkan karang gigi dan juga bau mulut.

4. Kulit Jeruk
Menghilangkan karang gigi dengan kulit jeruk mungkin terdengar aneh, tapi tahukah Anda bahwa bahan alami yang satu ini juga dipercaya sangat baik khasiatnya untuk menghalau karang gigi. Cara penggunaannya adalah ambil kulit jeruk dan gosok-gosokan pada gigi dan sela-sela gigi, selain gigi menjadi bersih, mulut pun menjadi lebih fresh.

5. Buah Strawberry
Buah berwarna merah ini juga merupakan bahan alami yang dapat di gunakan untuk membersihkan karang gigi. Selain kandungan vitamin yang banyak buah strawberry juga ampuh menghilangkan kotoran di sela gigi dan mulut. Caranya sederhana, Anda cukup mengkonsumsinya secara rutin.
Tips dan Cara Paling Gampang menghilangkan atau membuang Karang Gigi, plak gigi, tartar gigi dengan 15 Cara Gampang Menghilangkan Karang Gigi Berkerak dan Bandel. Gigi karang, obat karang gigi, obat kumur karang gigi, obat alami karang gigi, bahan alam untuk mencegah karang gigi. cara paling mudah bersihkan karang gigi, tartar gigi
Illustrasi Gambar Buah Strawberry Salah satu Bahan Alami Untuk Menghilangkan Karang Gigi
6. Cengkeh
Manfaat cengkeh sudah terkenal baik untuk kesehatan manusia, selain sebagai bahan alami ini untuk mengobati gusi bengkak buah cengkeh juga dipercaya dapat menghilangkan karang gigi secara baik. Caranya adalah dengan mengosok-gosokan cengkeh pada bagian gigi yang terdapat karang. Plak akan mudah dibersihkan bila menggunakan cengkeh.

7. Buah Apel
Buah lezat ini juga bahan alami untuk menghilangkan plak gigi, buah yang kaya akan vitamin ini terbukti ampuh untuk menghalau karang gigi. Salah satunya vitamin C, dalam buah apel. Nah caranya juga cukup mudah, Anda tinggal mengkonsumsinya secara rutin. Bisa sehari sekali atau dua hari sekali.

8. Tebu
Para pembaca caraobatisakitgigi.blogspot.com tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Yup, tebu adalah salah satu tanaman yang dipercaya sangat baik untuk menghilangkan karang gigi. Ambil tenaman tebu dan kupas kulitnya, iris menjadi bagian-bagian kecil dan kunyah. Serat yang terdapat pada tanaman tebu terbukti ampuh untuk membersihkan karang gigi. Namun disarankan untuk segera berkumur setelahnya, karena tebu banyak sekali mengandung gula. Dan juga tidak boleh terlalu sering.

9. Buah Melon
Menggunakan buah melon untuk menghilangkan karang gig adalah cara alami dan tentu saja enak, buah yang satu ini memang kaya akan air dan juga vitamin, untuk itu silahkan Anda konsumsi secara rutin untuk menghalau karang gigi.
Tips dan Cara Paling Gampang menghilangkan atau membuang Karang Gigi, plak gigi, tartar gigi dengan 15 Cara Gampang Menghilangkan Karang Gigi Berkerak dan Bandel. Gigi karang, obat karang gigi, obat kumur karang gigi, obat alami karang gigi, bahan alam untuk mencegah karang gigi. cara paling mudah bersihkan karang gigi, tartar gigi
Illustrasi Gambar Buah Melon Bahan Alami Penghilang Karang Gigi
10. Biji Asam Kawak
Menghilangkan plak gigi menggunakan bahan alami asam kawak mungkin jarang sekali yang mengetahuinya, namun dipercaya bahwa biji asam kawak ampuh untuk mengusir plak atau karang gigi. Caranya adalah dengan menumbuk biji asam kawak hingga halus, dan campurkan sedikit air hingga membentuk pasta, dan gunakan untuk membersihkan karang gigi.

11. Biji Wijen
Biji wijen penghilang kerak dan karang gigi memang tidak banyak yang mengetahuinya, caranya juga cukup gampang, Anda tinggal mengunyah-nguyah biji wijen dengan gigi, setelah cukup halus, silahkan gunakan sikat gigi yang lembut dan gosok-gosokan biji wijen ke bagian-bagian gigi yang terdapat karang gigi. Fungsi biji wijen selain membersihakan karan gigi juga terbukti ampuh mengkilapkan gigi.

12. Wortel dan Seledri
Kedua sayuran ini juga bisa menjadi alternatif pembersih karang gigi, caranya pun terbilang sangat gampang, hanya dengan mengunyah wortel atau seledri selama beberapa menit untuk menghilangkan plak gigi atau karang gigi. Seledri juga dipercaya dapat menghalau bakteri dan kuman di mulut.

13. Daun Kelapa Kering
Apa hubunganya daun kelapa dengan menghilangkan karang gigi? apakah benar daun kelapa dapat menghilangkan karang gigi? mungkin itu pertanyaan yang muncul di benak Anda, karena hal ini terdengar asing. Tapi banyak orang-orang jaman dahulu (sebelum mengenal pasta gigi seperti sekarang), menggunakan daun kelapa untuk membersihkan gigi. Caranya adalah ambil daun kelapa kering, pisahkan lidinya, dan bakar daun tersebut, hingga tersisa abu yang sangat lembut, dan gunakan abu tersebut untuk membersihkan karang gigi. Caranya bisa dengan menggunakan abu daun kelapa sebagai pasta. Jangan lupa untuk berkumur setelah menggunakan pasta ini.

14. Flossing
Salah satu alternatif lain dalam membersihkan karang gigi adalah dengan flossing, untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan juga bakteri. Mungkin ada diantara pembaca caraobatisakitgigi.blogspot.com yang belum tau apa itu flossing, flossing adalah cara membersihkan sisa-sisa makanan dan juga kotoran lain (karang gigi, kerak gigi) dengan menggunakan benang gigi atau dental flos. Flossing terbukti ampuh mengilangkan tartar gigi.

15. Kunjungi Dokter Gigi
Cara yang paling gampang dan hasilnya pasti bagus adalah dengan mengunjungi dokter gigi Anda, jika terdapat karang gigi mintalah dokter untuk membersihkannya. Cara ini bisa dibilang sangat effektif karena dokter gigi pasti memiliki peralatan medis yang baik dan tentu hasilnya juga dapat langsung dilihat.
Simak juga Tips-tips lain Seputar Gigi dan Gusi berikut ini:
Itulah 15 Cara Gampang Menghilangkan Karang Gigi, dari 15 cara membersihkan plak gigi diatas silahkan pilih sendiri mana yang sesuai untuk Anda. Mari kita biasakan diri untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 15 Cara Gampang Menghilangkan Karang Gigi Berkerak dan Bandel