7 Alasan Orang Malas ke Dokter Gigi Meskipun Sakit Gigi

Alasan Orang Malas ke Dokter Gigi - Mengalami sakit gigi adalah hal yang wajar, karena hampir semua orang di dunia pernah merasakan apa yang namanya sakit gigi. Namun, hanya sebagian kecil orang yang mau memeriksakan giginya ke dokter gigi. Dan sebagian lainnya lebih memilih menggunakan alternatif lain untuk mengobati sakit giginya, seperti misalnya mengobati sakit gigi berlubang dengan cara alami. Bahkan ada juga yang membiarkannya saja dan memilih menggunakan obat pasar sebagai bahan penghilang sakit gigi.

Gigi adalah bagian tubuh yang mempunyai fungsi sangat penting, maka dari itu kesehatan gigi dan gusi serta daerah sekitar mulut lainnya seharusnya menjadi prioritas, namun tidak jarang kita temui orang yang merasa enggan untuk pergi ke dokter gigi, lalu apa saja sih alasan yang paling umum di temukan mengapa orang malas pergi ke dokter gigi? Berikut ulasannya.
Macam alasan mengapa orang malas atau takut pergi ke dokter gigi  meskipun sedang sakit gigi. Tidak sedikit orang yang ketakutan saat harus pergi ke dokter gigi, takut sakit, takut mahal , takut salah diagnosa, taku giginya dicabut dan rasa takut lainnya
Illustrasi Gambar Dokter Gigi

7 Alasan Orang Malas ke Dokter Gigi Meskipun Sakit Gigi

1. Takut Sakit
Memeriksakan gigi ke dokter gigi mungkin merupakan hal yang banyak di takuti orang, bayangan rasa sakit yang akan timbul bila kedokter gigi, terutama bila gigi sedang sakit menjadi alasan yang sering di kemukakan oleh mereka yang malas ke dokter gigi. Takut di suntik, takut sakit kalau giginya di cabut dan rasa takut lainnya.

2. Malu Kalau Ketahuan Giginya Kotor
Mungkin ada sebagian orang yang merasa malu jika harus ke dokter gigi, karena mereka memiliki gigi yang kotor atau banyak karang gigi. Rasa malu ini biasanya di tutup-tutupi dengan mengatakan "gigiku baik-baik saja". Namun alangkah lebih baiknya jika segera memeriksakan gigi ke dokter agar gigi segera bisa di bersihkan. Tidak usah malu, toh tidak semua orang tahu, hanya sang dokter yang tahu. hehe.

3. Trauma Masa Lalu
Trauma yang di maksudkan disini adalah apabila ada orang yang sewaktu masih kecil (anak-anak) pernah mendapat pengalaman buruk dengan dokter gigi (misalkan rasa sakit saat cabut gigi susu) dan pengalaman itu membekas hingga dewasa. Lalu orang tersebut bertekad dalam hati tidak akan pernah mau lagi pergi ke dokter gigi.
Macam alasan mengapa orang malas atau takut pergi ke dokter gigi  meskipun sedang sakit gigi. Tidak sedikit orang yang ketakutan saat harus pergi ke dokter gigi, takut sakit, takut mahal , takut salah diagnosa, taku giginya dicabut dan rasa takut lainnya
Illustrasi Gambar Takut Giginya di Cabut
4. Tidak Punya Waktu
Alasan lain mengapa orang malas kedokter gigi adalah tidak punya waktu alias super sibuk. Biasanya ini adalah alasan klise, karena bisa jadi ia memang takut pergi ke dokter gigi. Bisa karena takut sakit, takut dengan obat bius, dan rasa takut lainnya.

5. Biaya Mahal
Faktor biaya perawatan atau ongkos dokter yang mahal juga sering menjadi alasan mengapa orang malas pergi ke dokter gigi. Faktanya jika kita rutin memeriksakan diri ke dokter maka kondisi gigi menjadi lebih sehat, dan tentunya biayanya pun tidak terlalu mahal. Terlebih sekarang ini sudah ada BPJS kesehatan, tentu biaya sudah tidak menjadi persoalan lagi.

6. Takut Salah Diagnosa
Beberapa orang mungkin menggunakan alasan ini, terlebih beberapa waktu belakangan ini media televisi sering menampilkan kasus salah diagnosa oleh kalangan medis. Hal ini sebenarnya bisa di siasati dengan memilih dokter gigi yang sudah berpengalaman. Anda bisa mencari referensi dari teman atau saudara yang pernah mengunjungi dokter gigi.

7. Takut Bila Giginya Dicabut
Rasa sakit saat mencabut gigi seringkali dijadikan alasan oleh mereka yang malas pergi ke dokter gigi, meskipun sedang sakit gigi. Mitos rasa sakit saat cabut gigi membuat mereka takut bila sewaktu mendatangi dokter gigi, giginya harus di cabut. Padahal, tidak selamanya cabut gigi itu sakit karena biasanya dokter akan memberikan bius dan obat pereda rasa sakit.

Itulah 7 Alasan Orang Malas ke Dokter Gigi Meskipun Sakit Gigi. Mari kita biasakan menjaga kesehatan gigi dan mulut, karena rasanya tidak enak banget kalau sakit gigi. Semoga informasi singkat ini dapat membawa manfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Alasan Orang Malas ke Dokter Gigi Meskipun Sakit Gigi