Kenali 7 Penyebab Utama Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya

7 Penyebab Utama Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya - Pernah mengalami sakit gigi? tapi tidak tahu apa sebenarnya penyebab utama sakit gigi Anda? mungkin Anda mencari-cari tahu apa sebenarnya penyebab dari sakit gigi Anda, lalu menemukan blog ini, maka tidak ada salahnya bila Anda melanjutkan membacanya, karena memang pada kesempatan kali ini caraobatisakitgigi.blogspot.com akan mengupas tentang 7 Penyebab Utama Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya, namun sebelumnya tidak ada salahnya jika kita tahu arti dari sakit gigi itu sendiri, ok langsung saja yuk kita ulas.

Pengertian Sakit Gigi
Gigi adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting, karena fungsinya yang vital untuk membantu kita saat mengkonsumsi makanan, supaya dalam proses pencernaan menjadi lebih mudah. Nah bila gigi kita sakit, maka proses mengunyah makanan menjadi terganggu, tentu hal ini sangat tidak nyaman.

Didalam gigi, terdapat pulpa gigi yang mana didalamnya terdapat banyak sekali syaraf, jaringan dan juga pembuluh darah. Saraf-saraf yang sensitif pada gigi ini akan mengalami lonjakan saat terjadi peradangan pada pulpa. Jadi sakit gigi adalah terjadinya peradangan pada pulpa gigi. Lalu kira-kira apa saja penyebab sakit gigi?


7 Penyebab Utama Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya

Sakit gigi bisa dialami oleh siapa saja, baik pria, wanita, anak kecil, orang dewasa, maupun orang tua. Nah Setelah mengetahui apa pengertian sakit gigi, tidak ada salahnya juga kita mengetahui apa saja yang dapat menjadi penyebab timbulnya sakit gigi, kami telah merangkum 7 Penyebab Utama Sakit Gigi, yuk langsung kita simak saja.
Ingin Tahu apa saja penyebab Sakit gigi? Yuk Kenali 7 Penyebab Utama Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya, penyebab kerusakan gigi, erosi gigi, gigi miring, gusi bengkak, benturan gigi, gigi tumbuh kawat gigi, adalah 7 penyebab sakit gigi pada pria, wanita, anak-anak, balita dan orang tua, cara mencegahnya adalah dengan melakukan perawatan gigi secara rutin
Illustrasi Gambar Wanita Sakit Gigi
1. Kerusakan Gigi
Rusaknya gigi merupakan salah satu penyebab utama sakit gigi yang paling sering dialami oleh seseorang, Mungkin awalnya hanya lubang kecil tak kasat mata (seperti kata-kata di salah satu iklan produk pasta gigi ya? hehe), lubang tersebut kemudian membesar (dan biasanya tanpa disadari oleh kita), hingga menembus email gigi, yang mana akan sampai pada dentin gigi, bila hal ini terjadi maka biasanya seseorang akan merasakan sakit pada giginya, karena dentin menjadi lebih sensitif. Bila pada tingkat yang lebih dalam lagi, sakit gigi akan lebih sering dirasakan bahkan bisa sering kambuh, salah satunya adalah gigi berdenyut-denyut.

Pada tingkat yang lebih parah adalah terjadinya infeksi pada gigi berlubang, yang mana bisa menyebabkan pulpa tidak berfungsi secara normal dan akibatnya bisa terjadi genangan nanah di bagian bawah akar gigi.

2. Erosi pada Gigi
Cara menggosok gigi yang salah bisa juga menjadi penyebab erosi pada gigi, misalnya menggosok gigi terlalu keras atau terlalu cepat juga dapat mengikis email gigi dan juga bagian akar gigi. Bila hal ini terjadi tak jarang gigi menjadi lebih sensitif, terutama bila kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin, terlalu panas, terlalu manis atau pun terlalu asam.

Ada baiknya juga bila Anda mulai memperhatikan jenis makanan yang dapat merusak gigi, sebaiknya kurangi konsumsi makanan atau minuman tersebut agar gigi Anda tetap terjaga kesehatannya.

3. Gigi Tidak Rata / Miring
Selain 2 penyebab sakit gigi diatas gigi miring atau tidak rata juga dapat menjadi penyebab utama sakit gigi, Lha kok bisa min? yup, saat kita mengunyah makanan, posisi gigi yang miring menjadikan proses mengunyah menjadi tidak merata, dan hal ini juga bisa menjadikan gigi menjadi sakit.

4. Gusi Bengkak
Pernah mengalami gusi bengkak kan? Gusi yang bengkak juga mengakibatkan rasa sakit pada gigi, hal ini tidak lepas dari pengaruh iritasi yang dialami oleh gusi dan membuat akar gigi menjadi terasa sakit. Lalu apa saja yang menyebabkan gusi bengkak, ada beberapa hal sih sebenarnya, seperti contohnya saat kita makan ikan, dan tanpa sangaja durinya mengenai gusi, dan menyebabkan bengkak, atau ketika kita mengkonsumsi makanan yang keras juga dapat menyebabkan gusi bengkak. dan berimbas pada rasa sakit di gigi kita.

5. Benturan/Trauma Gigi
Terjadinya benturan pada gigi juga dapat menjadi salah satu penyebab sakit gigi, misalnya saja saat kita tanpa sengaja jatuh(semoga saja tidak terjadi) dan saat terjatuh bagian mulut kita terbentur benda keras. Ada kemungkinan gigi akan patah atau pun gigi goyang, hal ini juga seringkali menyebabkan gigi terasa sakit.

6. Gigi yang Terjepit Gigi Lainnya
Sakit gigi akibat gigi yang terjepit oleh gigi lainnya? itu maksudnya gimana min? mungkin ada diantara pembaca caraobatisakitgigi.blogspot.com yang bertanya demikian. Yang dimaksud gigi terjepit oleh gigi lainnya adalah saat gigi tumbuh. Kita ambil contoh saat gigi bungsu(gigi geraham) tumbuh, sementara ia tidak mempunyai cukup ruang karena sudah ada gigi yang lainnya. Hal ini juga menjadi salah satu dari 7 Penyebab Utama Sakit Gigi yang sering dialami oleh seseorang.

7. Perawatan Ortodontik
Pernah memasang kawat gigi? mungkin ada sebagian dari Anda yang pernah melakukannya bukan? nah perawatan ortodontik saat kita memasang kawat gigi atau saat perawatan kawat gigi juga dapat menjadi pemicu timbulnya sakit gigi. Mungkin sakitnya hanya sebentar namun tetap saja ada yang merasakan sakit gigi ketika perawatan berlangsung.

Setelah mengetahui 7 Penyebab Utama Sakit Gigi, ada baiknya kita juga tahu cara pencegahannya, nah kira-kira, hal-hal apa saja yang harus kita lakukan untuk mencegah timbulnya sakit gigi?


Cara Mencegah Sakit Gigi

Beberapa hal dibawah ini dapat Anda lakukan untuk mencegah timbulnya sakit gigi, di mulai dari hal-hal yang sederhana yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari maupun yang berhubungan dengan medis, atau kedokteran.
Ingin Tahu apa saja penyebab Sakit gigi? Yuk Kenali 7 Penyebab Utama Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya, penyebab kerusakan gigi, erosi gigi, gigi miring, gusi bengkak, benturan gigi, gigi tumbuh kawat gigi, adalah 7 penyebab sakit gigi pada pria, wanita, anak-anak, balita dan orang tua, cara mencegahnya adalah dengan melakukan perawatan gigi secara rutin
Illustrasi Gambar Pria Sakit Gigi

1. Biasakan Menyikat Gigi Secara Teratur
Membersihkan gigi menggunakan sikat gigi adalah hal yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi kita dan mencegah timbulnya sakit gigi. Seperti kita tahu bahwa kita disarankan untuk menyikat gigi minimal 2x dalam sehari, pagi sesudah makan dan malam sebelum tidur. Atau Anda juga bisa melakukannya setiap kali selesai makan, supaya gigi kita lebih bersih dan terhindar dari kuman atau bakteri yang dapat merusak gigi.

2. Gunakan Sikat Gigi yang Lembut
Pemilihan sikat gigi juga perlu diperhatikan, sebaiknya gunakan sikat gigi yang lembut saat Anda menyikat gigi, bulu sikat yang terlalu keras atau kaku juga dapat menjadi faktor penyebab kerusakan gigi (erosi gigi),

3. Hindari Menyikat Gigi Secara Keras dan Terlalu Cepat
Menyikat gigi dengan cara yang terlalu keras juga kurang baik untuk gigi kita, seperti halnya saat kita menyikat gigi terlalu cepat, hal ini dapat menjadi penyebab rusaknya email gigi dan bisa memicu timbulnya sakit gigi.

4. Kurangi Konsumsi Makanan/Minuman yang Terlalu Manis 
Makanan atau minuman yang terlalu manis juga dapat menjadi penyebab timbulnya sakit gigi, untuk itu tidak ada salahnya bagi Anda untuk mulai memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Gula adalah salah satu zat yang dapat menimbulkan gigi berlubang terlebih bila kita lupa membersihkan gigi, sisa gula di sela-sela gigi dapat berakibat kurang baik untuk gigi.

5. Pemeriksa Gigi Secara Berkala
Untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi kita, ada baiknya jika Anda mulai membiasakan diri untuk memeriksakan gigi ke dokter. Disarankan minimal 6 bulan sekali, untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatan gigi Anda.

Setelah mengetahui 7 Penyebab Utama Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya, maka tidak ada salahnya jika Anda mulai memperhatikan organ tubuh yang satu ini, karena fungsi gigi yang sangat penting, maka kita harus menjaganya baik-baik supaya tetap sehat. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenali 7 Penyebab Utama Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya